TIM SELABORA PANAHAN FIK-UNY TAMPIL SEBAGAI JUARA UMUM PADA DANSESKOAU ARCHERY OPEN TOURNAMENT 2019

SELABORA (Sekolah Laboratorium Olahraga) Panahan FIK UNY sebagai wadah dalam membina atlet panahan termasuk digandrungi oleh para pelajar, karena mempunyai berbagai keunggulan seperti: kurikulum yang terintegrasi, pelatih yang professional, sarpras yang sangat representative, program latihan yang sistematis, dan evaluasi program yang terarah. Untuk mengasah ketrampilan panahan, maka Selabora Panahan FIK UNY selalu mengikuti kejuaraan baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Selabora Panahan FIK UNY pada akhir tahun 2019, mengikuti Danseskoau. Dalam menghadapi kejuaraan Danseskoau di Lembang, kami menyiapkan dengan matang agar Peak Performance para atlet Selabora Panahan FIK UNY dapat tercapai, dan alhamdulillah sesuai harapan, “ujar Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes. selaku Kepala Selabora Panahan FIK UNY”. 
Kontingen Selabora Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) keluar sebagai juara umum pada kejuaraan panahan ‘Danseskoau Archery Open Tournament 2019’ sekaligus membawa Piala Bergilir Danseskoau. Pada kejuaraan yang digelar di lapangan Sesko AU, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat-Senin (13-16/12/2019), tim Selabora UNY meraih 7 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu.

Empat medali emas bagi Selabora UNY dari kategori Nasional U-15, disumbangkan dari nomor beregu putra atas nama Ezra Arvandhika, Raynor Hazim, dan Tariq Ziad Giblatar usai meraih total poin tertinggi 1.027. Tim Selabora UNY pun meraih medali emas di beregu Nasional U-15 putri atas nama Aqila Salma, Annisa Bening, dan Biru Laksita dengan total poin tertinggi 1.012. Dua medali emas lainnya bagi Selabora UNY di Nasional U-15 disumbangkan Raynor Hazim Atmaji dari nomor aduan putra serta Biru Laksita dari nomor aduan Nasional U-15 putri. Biru Laksita menyumbangkan medali emas kedua bagi Selabora UNY dari nomor aduan Nasional U-12 putri usai mengalahkan rekannya Syakira Fauzia Fatoni dengan skor 7-3. Syakira sendiri meraih medali emas dari nomor perorangan Nasional U-12 putri usai meraih skor tertinggi 355 dan terakhir di nomor beregu Nasional U-12 putri atas nama Syakira, Biru Laksita, dan Tiara Kayana Prasetyo dengan total skor 1.038. Pada kategori aduan putri U-9 Putri medali perunggu di raih Almyra, sedangkan pada kategori beregu putra U-9 medali perunggu diraih atas nama Fadil, Alfarezi, dan Khiar Assegaf Prasetyo.

Pada saat ini, para atlet Selabora Panahan FIK UNY masih fokus pada Divisi Nasional sebagai dasar pembentukan Teknik Panahan, tetapi next time dalam jangka waktu dekat beberapa atlet akan bergeser pada Divisi FITA Recurve dan FITA Compound, semoga hal ini akan semakin memperkuat dalam pembinaan dan prestasi di Indonesia.